Blog ini saya buat untuk mengumpulkan artikel yang berhubungan dengan emas karena saya sedang tertarik untuk investasi emas. Semoga blog ini juga berguna buat siapa saja yang ingin berinvestasi emas

Minggu, 06 Desember 2009

Referensi

Tulisan menarik ini milik saudara saya yg istimewa (diperkenalkan Allah dengan cara yg luar biasa unik)..saya sampaikan rekan-rekan semua sebagai referensi tuk menjadi tambahan wawasan, sebelum melangkah/memulai berinvestasi emas..

Tahukan kawan, berapa kira-kira emas di seluruh permukaan Bumi yang sudah dikeluarkan dari perut Bumi, ternyata tidak banyak, hingga saat ini hanya sekitar 155.000-160.000 Ton saja.

Dan berapa cadangan Emas yang dipunyai bank sentral kita ?. juga tidak banyak hanya sekitar 73 Ton (Data di Indonesia, kayaknya kurang valid, karena saya pernah baca juga punya BI kita hanya sekitar 38 Ton)

Empat tahun terakhir, stok emas dunia hanya tumbuh sekitar 1 % atau tepatnya rata-rata 1,653 ton per tahun. Jadi kalau China meneruskan rencananya untuk menambah stok cadangan emasnya – maka hampir dapat dipastikan China saja bisa meng-absorb seluruh produksi emas dunia ini. Dan barusan beredar kabar di penghujung Oktober, India ikut-ikutan China dan memborong 200Ton emas yang dijual oleh IMF, dan Negara2 teluk nantinya hanya mau berdagang minyaknya jika dihargai dengan emas, bukan hanya dengan dolar amerika lagi.

Kalaulah kita ingat pelajaran ekonomi waktu SMA dulu, bahwa harga itu ditentukan supply and demand, trus jika supplynya sedikit dan permintaan banyak, apa yang akan terjadi ?. Tentulah harga emas akan terus merangkak naik.

Lalu jika kita menilik dari perdagangan emas dunia yang dihargai dengan US$, saat ini jumlah uang beredar US$ naik 3kali lipat dari 500M sebelum krisis 2tahun yll dan saat ini mencapai 1,5T. dan akan berlaku juga hukum ekonomi thd harga ini. supply uang banyak dan emasnya segitu-segitu aja. Pastilah US$ akan jatuh thd emas, yang notabene harga emas akan naik.

Sehingga ada 2 alasan kenapa emas akan naik. yang pertama pengaruh supply and demand, supply emas yang kecil dan demand yang besar terutama oleh Pemerintah Cina, India dan Timur tengah, yang ingin sedikit-sedikit mengganti cadangan devisanya dari US$ ke emas, dan kedua uang yang untuk menghargai emas saat ini jumlahnya 3kali lipat. sehingga uang tersebut akan juga melorot nilainya thd emas yang mempunyai nilai inflasi 0, atau tetap sepanjang masa. (Allohlah yang maha mengetahui)

Oleh : Dadang Ayah Farhan di Grup Facebook Investasi Emas untuk Masa Depan Emas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar